Pengertian
Shared Services adalah sebuah
business unit yang terpisah yang diciptakan dalam sebuah perusahaan, sebuah
organisasi atau sebuah agen yang bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan
atau services kepada operating business unit dan fungsi – fungsi korporasi di
perusahaan atau organisasi tersebut. Shared service bisa juga berarti
penyediaan sebuah service atau pelayanan oleh satu bagian dari sebuah
organisasi atau grup di mana service tersebut sebelumnya sudah ditemukan di
dalam lebih dari satu bagian dari organisasi atau perusahaan tersebut.
Contoh :
Dalam beberapa tahun terakhir,
kecenderungan perusahaan untuk mengembangkan SSC semakin meningkat. Ini
terutama dipicu oleh kemajuan teknologi ICT, baik aplikasi, teknologi jaringan,
maupun penggunaan berbagai perangkat cerdas.
Kantor Pos dan Telkom misalnya,
telah menyelenggarakan SSC untuk pengelolaan fungsi keuangan, akuntansi, SDM,
ICT, dan aset. Dulu setiap kantor pos menyelenggarakan fungsi support tersebut
masing-masing. Sekarang fungsi support disentralisasi berdasarkan regional
tertentu yang memberikan pelayanan ke banyak cabang kantor pos di beberapa
kota.
Dengan model SSC seperti ini, kantor
pos pun mendapatkan banyak manfaat. Tidak perlu lagi di setiap kantor pos ada
bagian (department) akuntansi, keuangan, pengelolaan SDM, ICT, dan aset.
Pengurangan pegawai dapat dilakukan. Realokasi pegawai yang biasa
menyelenggarakan aktivitas fungsi support dialihkan ke fungsi bisnis, seperti
penerimaan layanan pelanggan di loket, layanan penjemputan barang, pemrosesan,
dan pengantaran barang. Kantor pos lebih fokus pada pelayanan pelanggan,
sementara pengelolaan fungsi support dilakukan bersama (common activities)
dalam unit shared-service center.
0 komentar:
Posting Komentar